Daihatsu ZEBRA Plus Minus

Ditulis oleh: Si Zebra -
Banyak orang paling suka dengan Daihatsu Zebra terutama yang 1.300 karena terkenal irit dan tenaganya mumpuni untuk dipakai harian. Di samping itu harga lebih terjangkau. Namun ada beberapa masalah yang juga ditemukan di kendaraan ini. Berikut beberapa Plus minus Daihatsu Zebra.

Daihatsu ZEBRA Plus Minus


Daihatsu Zebra generasi pertama banyak dikeluhkan soal mesin yang cepat atau terlalu panas. Kemungkinan disebabkan dua hal. 
  • Pertama karena pemasangan AC di luar standar (non pabrikan) yaitu pemasangan kondensor berdekatan dengan radiator sehingga kerja extra fan tidak maksimal sehingga mesin jadi terlalu panas. 
  • Kedua, pulley water pump pada edisi perdana Daihatu Espass 1995 agak kebesaran sehingga putaran air yg berfungsi mendinginkan air jalannya jadi lambat, hal itu bisa diatasi dengan mengganti pulley water pump yg lebih kecil. 
Untuk generasi Neo Zebra dengan Varian ZL, ZX dan ZSX dengan 2 pilihan mesin 1.3 dan 1.6cc, keluhan itu sudah tidak ada lagi 

Pemakaian Karburator Vs Injection 

Neo Zebra terlahir dengan 3 type mesin. 1.3 carbu, 1.6 carbu dan 1.5 Injection. Dilihat dari sisi tenaga 1.5i lebih bagus 82.4 dk di 6.000rpm sedangkan 1.3 hanya 75 dk dan 1.6 masih 81.5 dk. 

Konsumsi bahan bakar relatif, tergantung cara membawa kendaraan, kondisi kendaraan dan lalulntas serta kontur jalan yang dilewati. Secara teori 1.5i (injection) seharusnya lebih irit karena sudah diatur secara komputer pemakaiannya.

Soal perbaikan dan perawatan, penggunaan karburator lebih nyaman, karena banyak bengkel bisa menangani penyakitnya. Sementara EFI paling tidak mesti dibengkel resmi Daihatsu yang belum tersebar merata di wilayah Indonesia. 

Perapian Daihatsu Zebra 

Banyak pula keluhan tentang Daihatsu Zebra apabila melewati genangan air mesin langsung meradang bahkan mati. Ini diantisipasi atau diakali dengan memakai autosealent pada sambungan tutup distributornya atau ditutup/dibungkus plastik tebal. 

Ada yang berkata kualitas platina yang kurang baik, tidak tahan panas (karena posisinya diatas gearbox) atau kondisi penyetelan yang sering berubah. Bisa di antisipasi dengan mengganti CDI serta mengganti koil standar dengan milik Suzuki carry 1.000 cc ukurannya sama dengan milik Daihatsu Zebra.


20komentar:

  1. expass saya th 97 klo pake AC yg blakang koq g trasa yaa AC.na ?? apa karna bawaaan mobil tahun" itu memang begitu atau karna freonnya ?? mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dinginnya ac kendaraan belum tentu karena kurangnya freon, banyak penyebabnya

      Hapus
  2. th 2007 saya membeli zebra espass zsx 1600 cc. kendala terbesar yg saya rasakan adalah mesin yg cepat panas. kalo ttg keunggulan mesinnya handal benget dan tangguh ditanjakan. tp krn nggak tahan dengan mesin panas itu, terpaksa di th 2009, zeby saya lepas dan ganti dengan adiknya yg hidungnya lebih panjang.....

    BalasHapus
  3. daihatsu zebra saya 1,0 th 1988. Platina mau saya ganti dengan CDI. Yg cocok CDI yg spt apa dan kira2 berapa kisaran harganya?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus itu dengan cdi biar mantap pembakarannya

      Hapus
    2. Modifikasi zebra ya bagus dimana ya,kalo ada yang tahu boleh dong kasih infonya.

      Hapus
  4. bisakah radiator espas diganti radiator body tech ??

    BalasHapus
  5. Salam kenal semua. Saya punya zebra 1.3 thn 1990 . Prmasalahannya akselerasi lamban.. apa y pnyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompresi mesin sudah turun, setelan platina kurang tepat, karburator perlu disetel ulang

      Hapus
  6. Salam kenal zebra saya 1.3 thun 1995 klo nabrak gundukan kecil setir ny go
    yang banget..kira kira ap ya yg harus d perbaiki

    BalasHapus
  7. Salam kenal untuk si zebra.. Saya sangat berterimakasih dengan apa yang anda share disini. Artikel2 tentang daihatsu zebra yang sangat bermanfaat. Tetap semangat ya, semoga Allah Ta'ala membalas kebaikan anda dengan balasan yang berlipat ganda, aamiin...

    BalasHapus
  8. Zebra 90 sya kmarin seperti tersendat dan d gas nembak nembak tenaga d tanjakan jadi ilang kenapa ya? Servis apa yg hrus saya dahulukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mengalami. Coba ganti kondensor, platina, dan businya...

      Setelah diganti, nembak2nya hilang, dan tenaga besar lagi...

      Saya pake ZEBRA 88.

      Terimakasih.

      Hapus
  9. dari "Ada yang berkata kualitas platina yang kurang baik, tidak tahan panas (karena posisinya diatas gearbox) atau kondisi penyetelan yang sering berubah. Bisa di antisipasi dengan mengganti CDI serta mengganti koil standar dengan milik Suzuki carry 1.000 cc ukurannya sama dengan milik Daihatsu Zebra" apa pemasanganny plug n play kah?

    BalasHapus
  10. bg. kmi ad mobil pick up zebra master. klo jlan gasny sering tersendat- sendat.. kira2 ap mslahn dn slusi. mhon pncerhan bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman, setelah karburator dibersihkan dan setel ulang platina, maslah seperti itu beres....

      Hapus
  11. Bahan bakar yg cocok buat Daihatsu Zebra 1,3 Astrea apa ? Premium atau Pertalite ?

    BalasHapus
  12. Minta saran zebra pick up 2000 ke atas dong om2 semua..rencana mau beli buat usaha.
    Apa saja kendala nya..?

    BalasHapus
  13. Minta saran untuk zebra thn 1992 apa cocok untuk keluarga dan usaha . Mohon pencerahannya

    BalasHapus