Industri Otomotif Penyebab Kemacetan ?

Ditulis oleh: Si Zebra -
Beberapa pihak menuding industri kendaraan bermotor sebagai penyebab utama kemacetan di jalanan? Banyaknya keluaran mobil dan motor dinilai tak sebanding dengan panjang jalan, sehingga memicu kemacetan lalu lintas terutama di sejumlah kota besar di Tanah Air.

Industri Otomotif Penyebab Kemacetan

Menteri Perindustrian MS Hidayat di Menara Kadin, Jakarta, menegaskan bahwa hal itu diakibatkan oleh keterbatasan infrastruktur jalan di dalam negeri dan kendala pembebasan lahan yang menunda sejumlah proyek pembangunan jalan. "Untuk mengatasi hal ini, pemerintah telah menerbitkan Undang-undang (UU) No. 2/2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum,"

“Pemerintah, dalam waktu dekat, juga akan menerbitkan aturan turunan dari UU tersebut, termasuk regulasi petunjuk pelaksanaan (juklak) serta penerbitan juklak tentang pembebasan lahan untuk pembangunan jalan,” lanjutnya.

Selain itu, MS Hidayat menegaskan produksi kendaraan bermotor di Indonesia akan terus ditingkatkan. Hal itu didukung oleh daya beli masyarakat serta kemudahan memperoleh kredit bagi konsumen berpendapatan menengah ke bawah.

Sektor otomotif nasional tetap menjadi salah satu pendorong pertumbuhan industri di tanah air dan pasar mobil nasional diprediksi akan mencapai angka 1 juta unit pada 2013. Inilah yang mendorong industri otomotif menjadi salah satu sektor prioritas dalam kebijakan industri nasional, sehingga Pemerintah tak akan menekan produksi otomotif.

"Di samping itu, saya juga menyampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendorong produksi serta memacu ekspor otomotif ke kawasan regional Asia, Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah," ujar Hidayat.

Saat ini, rata-rata tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) komponen otomotif telah mencapai 85 persen dan terus dipacu agar bisa mencapai 100 persen. Untuk itu, Pemerintah akan menggunakan strategi pengembangan full manufacturing, termasuk design dan engineering, bahkan lokalisasi komponen.



1 komentar:

  1. Industri otomotif berkembang untuk membantu perkembangan peradaban, kalau semuanya dipusatkan pada sebuah kota besar seperti Jakarta, yah inilah hasilnya. Cobalah pemerataan pembangunan ... pasti masalahnya bisa diselesaikan

    BalasHapus