Mengapa Ban Depan Cepat Aus Sebelah?

Lazimnya bagian dalam ban depan lebih cepat aus disebabkan oleh konstruksi suspensi ban depan berubah, atau keausan yang terjadi pada bearing roda. Keadaan seperti ini memang kurang nyaman, dan segera harus dicari penyebabnya. Ban yang miring disamping mempercepat kerusakan pada permukaan ban juga mengakibatkan pada waktu menjalankan mobil stir terasa lebih berat.

Perlu diperhatikan adalah: Suspension lower arm, dibagian ini ada karet yang menjadi perantara antara lower arm dengan cros member. Bagian yang terletak di bagian bawah jok depan ini harus tampak terkancing kuat, dan apabila bushing karet yang ada di lower arm tersebut sudah aus maka segera diperbaiki. Bisa dengan cara mengalas dengan bushing per truk atau mengganti dengan bushing asli. Para teknisi yang berpengalaman dengan mudah bisa memperbaiki bagian ini, sampai pulih kembali.

Setelah itu perhatikan pula as sokbreker. Bagian ini harus tampak lurus dengan bagian luar dari sokbreker. Walaupun jarang terjadi, bagian ini juga bisa menyebabkan ban aus bagian dalam, indikasi bagian ini rusak juga bisa dirasakan dengan tidak nyamannya suspensi roda depan, mobil menjadi mentul- mentul saat melewati jalan rusak. Kalau Anda membuka jok depan, di bagian atas dari suspensi ada 3 baut yang mengancingkan adaptor karet dengan as sokbreker. Pada mobil tua karet ini sudah aus, bahkan sudah lepas atau hancur. Bagian ini harus diperbaiki, kalau tidak dudukan sokbreker menjadi miring. Anda bisa perhatikan sendiri, mur yang ada dibagian tengah tidak terletak sentris. Kalau indikasinya seperti itu maka segeralah mengganti dengan adaptor baru.

Ban yang aus sebelah juga bisa disebabkan oleh penyetelan roda depan yang terlalu membuka. Kalau diamati dari depan, kedua roda depan membentuk huruf V, sedangkan penyetelan yang benar harus berbentuk huruf V terbalik. Namun perlu dijelaskan pula bahwa penyetelan yang tidak benar ini mengakibatkan keausan terjadi pada kedua ban depan, bukan hanya satu saja.

Selain itu ban aus bagian dalam juga bisa disebabkan oleh kelonggaran pada bearing roda depan, atau as untuk kedudukan bearing roda depan. Untuk mengetahui apalah penyebabnya ada di bagian ini, maka Anda harus menggoyang- goyang roda depan ke arah luar dan dalam, sambil mendengarkan, merasakan apakah ada kelonggaran. Kalau ingin lebih pasti, naikkan mobil dengan dongkrak, kemudian mintakan seseorang meginjak rem. Letakkan tangan kanan Anda dibagian atas ban dan tangan kiri dibagian bawah. Kemudian goncang- goncangkan. Kalau kelonggarannya besar, segeralah memperbaiki.

Ban Depan Cepat Aus Sebelah


Mengapa Ban Depan Cepat Aus Sebelah? Sumber: Bung Martin


2komentar:

  1. Bahaya jika as atau bearing tidak presisi,apa lagi jika ngebut di jalan tol

    BalasHapus
  2. Kalau saran ane gan jangan pernah memutat kemudi disaat mobil gak bergerak itu akan cepat merusak kaki" mobil gejala paling sering di temukan ban makan sebelah

    BalasHapus