Mengubah Platina Ke CDI Daihatsu Zebra

Daihatsu Zebra S89 tahun 1990 milik saya telah saya ubah sistem perapian platina menjadi CDI semenjak saya beli sekitar tahun 2010. Waktu itu penggantian platina ke CDI saya serahkan ke bengkel di Malang sedangkan komponen CDI kit saya beli di Surabaya seharga 110 ribu merek Nippon.

Sampai saat ini, 2017 kondisi CDI masih bagus dan tidak ada masalah (berarti sudah 6 tahun lebih). Namun, saya terpaksa membongkar CDI untuk mengganti karet seal yang ada di dalam delco. Kali ini saya coba sendiri memasang CDI meskipun saya bukan montir. Ternyata cukup mudah dan cepat. Bisa jadi, jika mulai melepas delco, memasang CDI hingga memasang delco kembali, tidak lebih dari 20 menit.

Mengubah Platina Ke CDI Daihatsu Zebra


Pemasangan CDI pada distributor/delco daihatsu zebra tidak lah susah, cukup melepas delco kemudian melepas platina dan mengganti CDI pada dudukan platina, itu saja, tidak ribet dan tanpa modifikasi, karena CDI memang sudah dirancang untuk Zebra (saya pakai merek Nippon).

Garis besar mengubah platina ke CDI pada Daihatsu zebra S89 1300cc

Copot delco
Lepas platina
Pasang CDI dengan cara:
  • pasang CDI pada dudukan platina, namun kedua bautnya jangan kencang-kencang
  • pasang plastik pengukur yang disertakan dalam kit CDI di antara cdi dan reluktor sebagai batas jarak agar tidak bersentuhan.
  • kencangkan baut CDI dan lepas plastik pengukur.
  • pastikan tidak ada gesekan antara reluktor dengan CDI
Delco siap dipasang.
Kabel CDI bisa dihubungkan ke kondensor atau tidak.
Setel posisi delco agar voor 
Selesai

Ini penampakan saat saya memasang CDI sendiri.




Mengubah Platina Ke CDI - Daihatsu Zebra

2komentar: