Agar Daihatsu Zebra Aman di Musim Hujan

Musim penghujan tak jarang membawa masalah tersendiri bagi pemilik mobil. Apalagi jika melintasi jalan-jalan yang langganan tergenang air saat hujan. Kebanyakan mobil tidak menghadapi kendala serius kalau melewati genangan air, namun beberapa jenis mobil punya kelemahan. Sedikit saja melewati batas ketinggian genangan yang diizinkan, mobil bakal mogok.

Agar Daihatsu Zebra Aman di Musim Hujan


Daihatsu Zebra Aman di Musim Hujan

Salah satu jenis mobil yang termasuk rawan jika harus melewati genangan air adalah Daihatsu Zebra. Mobil yang satu ini tak tahan banjir karena posisi delco distributor posisinya cukup rendah. Letak jantung pengapian mesin mobil ini tingginya kira-kira di atas lutut dengan posisi horizontal alias tidur, di sebelah kiri mesin.

Menurut Iwan, Mekanik Sarwono Putra Motor di Jalan Slamet Riyadi 274 Kartasura (timur PT. Suwastama) posisi ini membuat delco bisa kemasukan air jika menerjang genangan air yang tinggi. “Kalau sudah masuk ya akan mbrebet lalu mogok. Karena yang diserang adalah pengapiannya. Sebenarnya air tidak masuk secara frontal tapi menyebabkan pengembunan di dalam tutup delco,” katanya.

Solusi yang bisa diambil menurut Iwan umumnya membungkus delco dengan kantong plastik. Meski sederhana cara ini juga cukup membantu pemilik mobil. “Bisa membantu kalau hujan-hujan begini. Gunanya untuk melindungi delco dari guyuran air. Secara teknis nggak menganggu kerja pengapian,” ujarnya. Jika sudah terlanjur kemasukan air, cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah.

Berbekal kunci 8, lap kering dan tisu, pemilik mobil tinggal membuka tutup delco lalu mengeringkan bagian dalamnya. “Tapi harus benar-benar kering, kalau masih lembab jangan dipasang dulu,” jelas Iwan. Setelah kering, biasanya mobil bisa berjalan normal kembali. Selain cara sederhana tadi, Daihatsu sebenarnya sudah menyediakan alat khusus yang biasa disebut antimo.

Alat ini berupa pipa kecil yang ditancapkan pada lubang hawa delco. Alat ini bisa didapatkan gratis di tempat service resmi Daihatsu. Antimo bisa mencegah air masuk melalui lubang hawa delco. Akan lebih aman lagi jika pemilik mobil memasang mudguard pada roda terutama bagian depan kiri. Mudguard akan melindungi cipratan air dari ban langsung ke delco. Sebuah plat besi juga bisa dipasang di bawah delco sebagai benteng penghadang air. Jika antimo sudah terpasang rapat dan kencang, serta pelindung-pelindung lain sudah ditambahkan, Daihatsu Zebra tak bikin anda was-was lagi menerjang genangan air dan membuat Daihatsu Zebra Aman di Musim Hujan.

Sumber: http://www.koranjitu.com

12komentar:

  1. saya punya Zebra 1300 th 93,sdh lakukan cara2 tsb diatas,tp klo hujan, kena cipratan air dr mobil dr arah berlawanan,tetep aja mogok...
    klo Hijet 1000 delco dibawah jg ga ya?

    BalasHapus
  2. ganti ama cdi aja gan

    BalasHapus
  3. Ganti CDI mahal ga ya??? Rewel ga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relatif CDI mulai 90-600rb bebas perawatan

      Hapus
  4. Cocok untuk jualan Ayam Tulang Lunak..
    Kami sdh pakai lho..
    Ini mau nambah lagi..

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah hijet '90 ane biar banjir tetep mau jalan gan.. oh iya sama mau tanya nih agan agan ada yg jual transmisi espass gak? Mau buat hijet ane nih gan biar makin jaya tarikanya terima kasih

    BalasHapus
  6. Tmpat saya lamongan gan... cari CDI lengkap delco bwt zebra 1.0 di mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka www.tangomotor.
      pesan online. sy sdh pake 4 th ini . aman.

      Hapus
  7. Mobil zebra ku keluaran 1992 masih siap di ajak main di air anti mogok

    BalasHapus
  8. kalo udah pake pengaman tadi dah ga kuatir lg... terjang aja banjirnya­čĹŹ


    BalasHapus
  9. kalo udah pake pengaman tadi dah ga kuatir lg... terjang aja banjirnya­čĹŹ


    BalasHapus
  10. Mau tanya zebra thn 92 kan gak ada ac kalo dilasang ac bisa ndakya trus ongkos total biaya pasang ac tuk zebra berapa ya

    BalasHapus