Permasalahan Pada Daihatsu Zebra

Permasalahan pada Daihatsu zebra ini ditanyakan di blog martin1948.blogspot.com yang dijawab oleh Pak Martin T Teiseran sendiri. Si Zebra hanya merangkum menjadi satu dan kemungkinan ada permasalahan yang sama dengan Daihatsu zebra yang Anda miliki.

Oleh karena itu, admin blog Daihatsu zebra tidak akan menjawab komentar (jika ada) berkaitan dengan artikel ini. Semoga membantu.

Permasalahan Pada Daihatsu Zebra

Masalah Daihatsu Zebra

Tanya: Rem dan Persneling Daihatsu Zebra 1994

Kebetulan saya belum lama ini baru beli mobil bekas Daihatsu Zebra tahun 1994.... kebetulan Daihatsu zebra saya memakai rem booster... kenapa kalau pakai rem booster bila saya injak rem terlalu dalam mobil tiba2 berhenti dadakan yaaa... apakah perlu di setel lagi atau ganti dengan rem yang biasa 

Kenapa pada saat perpindahan dari gigi 1 ke 2 agak keras, sedangkan perpindahan gigi 3 ke 4 halus... apakah bisa disetel atau diganti .

Jawab:

Remnya perlu distel, khususnya pada batang penekan klep pada boster. Dan soal masuk ke gigi 1 dan dua susah, kemungkinan karena koplingnya kurang free, bisa coba stel freeplay kopling. Kalau juga tidak berhasil, mungkin perlu ganti kopling set termasuk mataharinya.

Tanya: knalpot keluar asap putih Daihatsu zebra thn 1989, 1000cc

Saya punya daihatsu zebra thn 1989 1000cc, karburator. ada perasaan yang mengganjal dengan mobil satu2nya saya.. kalau di hidupin dari knalpot keluar asap putih di sertai ada bau terbakar, tapi lama-lama hilang itu asap..di dalam mobil ada bau bensin,, 

Ada masalah satu lagi, jika di kontak on, indikator oli hidup, kemudian mesin hidup, indikator oli mati, itu normal.. tapi masalahnya timbul kalau mobil sudah jalan(mesin sudah panas) lampu indikator oli kembali hidup, tapi kalau pedal gas di injak, indikator oli kembali mati,

Jawab:

Saran lakukan pemeriksaan lengkap pada mobil ini. Coba lakukan test kompesi untuk tahu apakah kompresinya masi bagus. Karena asap bisa disebabkan oleh ring sudah aus. Bau bensin juga bisa disebabkan oleh kebanyak bensin, maka perlu stel nedle valve pada karbuarator. Soal indikator oli, mungkin switch oli pada blok mesin minta diganti baru.

Tanya: Bagaiman cara mmbersihkan PCV Zebra Espass Tahun 1995 - 1.300 CC ?

Mobil Saya Zebra Espass Tahun 1995 - 1.300 CC, tarikan mesin enteng dan kencang, starter lancar, tidak overheat, ruang busi bersih, mengapa kadang-kadang sewaktu starter dari knalpot mengeluarkan asap putih (dalam keadaan mesin panas, bukan pagi hari), ada yang bilang PCV nya harus diganti, bengkel mengatakan PCV espass paten (menyatu dengan mesin ?), jika tidak dapat diganti PCV nya dapatkah dibersihkan ? Bagaiman cara mmbersihkannya ?

Jawab:

PCV berfungsi sebagai klep, yang pada RPM rendah terbuka dan RPM tinggi tertutup. PCV menyarurkan uap dari ruang oli untuk menambah jumlah bahan bakar ke karburator. Kalau pada RPM tinggi PCV terbukan, maka akan menyebabkan oli terisap ke raburator dan mengakibatkan emisi gas buang diatas ambang batas, hingga berasap putih. Kalau menyatu dengan mesin dan tidak bisa di bersihkan atau diganti, bisa pasang tambahan PCV mobil lain, karena fungsinya sama.

Tanya: Pull Aki Terbalik Daihatsu Zebra '91.

Saya mau tanya, saya punya mobil Daihatsu Zebra '91. Karna jarang dipakai setiap hari aki'a saya lepas,pas waktu mau dipasang lagi saya salah pasang (-) (+)nya dan sekarang kelistrikan'a mati total.. Kira2 apa'a ya pak yang rusak,saya sudah lihat sekring yang di bawah setir itu ga ada yang putus..

Jawab:

Kalau mobil ini dilengkapi dengan sekring induk, maka hanya perlu ganti sekring itu. Umumnya mobil sudah dilengkapi sistim agar aman dari kesalahan pemakai.

Tanya: AC hidup mesin tak stabil zebra astrea tahun 1994

Saya mempunyai Mobil zebra astrea tahun 1994. Saya mempunyai keluhan di sistem platina, karena jika ingin berpergian jauh maka platina membutuhkan perawatan lebih agar kinerja mesin yg baik Dan konsumsi Bensin yang stabil.. Saya ingin menanyakn cdi apa yang cocok kedalam Mobil daihatsu astrea 1994 tersebut..

Jawab:

Memang mobil yang menggunakan platina, rentang gangguan pengapian, karena setelah kotor maka titip pengapiannya berubah. Lebih baik, upayakan ganti dengan CDI. Banyak yang jual, kalau bisa Denso. Sementar belum ganti sebelum ganti CDI, coba stel campuran ideal udara dan bensin di sekrup mixer.

Tanya: AC New Zebra 2001 1600 cc

Mobil saya New Zebra 2001 1600 cc. Saat berkendara, saya jarang sekali menggunakan AC mengingat konsumsi BBM lebih hemat jika tanpa menggunakan AC.

Namun karena kondisi cuaca yang begitu panas kemarin, saya terpaksa menggunakan AC saat saya pergi ke rumah teman yang jaraknya sekitar 15 km.

Setelah selesai urusan dan hendak pulang, saat mobil saya nyalakan, RPM-nya naik turun seperti pedal gas ditekan-tekan. Kalau tidak menggunakan AC tidak ada masalah apa-apa. Bagaimana ya solusinya agar RPM stabil lagi setelah menggunakan AC.

Jawab:

Gejala ini disebabkan oleh garakan idle up AC yang tidak stabil. Kemungkinan dengan menyetel ulang bisa mengatasi hal ini. Coba cari cara stel di BG ini. Kalau sudah injeksi, scan engine, untuk mengetahui fungsi sensor throttle valve dan ISC.

Tanya: Daihatsu Zebra '89 1000cc di tanjakan mobil tidak mau jalan

Mobil saya Daihatsu Zebra '89 1000cc, saat di tanjakan mobil tidak mau jalan bahkan mesin sampai mati. Saat hidup mesin agak mbrebet namun untuk di jalan lurus tdk ada masalah, mohon solusinya

Jawab:

Lakukan terlebih dahulu engune tune up. Kemungkinan ada masalah pada karburatornya, karena mbrebet.

Tanya:  zebra 1.3 th 94 oli nya selalu berkurang

Zebra 1.3 th 1994 saya,
  1. oli nya selalu berkurang minimal tiap seminggu sekali nambah oli 1 liter,
  2. pada muatan 8 kwintal bilas di gas keluar bunyi treek treek kayak suara piston.
  3. bila gas langsung di injak ke 50 persen lagi2 keluar bunyi treek treek dari mesin. pertanyaan saya apakah cukup dengan hanya mengganti ring piston untuk menghilangkan bunyi treek pada mesin dan mengembalikan kekuatan mobil dan membuat oli mesin utuh.
Jawab:
  1. Kondisi yang mengharuskan segera turun mesin. Ring piston sudah aus.
  2. Ini berbahaya, stang seger bisa putus dan memecahkan blok mesin.
  3. Bunyi ini karena piston menabrak cylinder head. Segera OH mesin.

Permasalahan Pada Daihatsu Zebra - Si Zebra

14komentar:

  1. Espass zebra thn 2002.
    Jika gigi 4 masuk, tdk bisa lanjut lagi ke gigi berikutnya maupun Ke netral, gigi 1 dan 2,jadi ter lock di gigi 4 terus. mohon pencerahannya kira2 apanya yang rusak dan perlu di ganti.

    BalasHapus
  2. om mau tanya kalau zebra saya kok kadang di starter nyala tpi kalau sudah saya matikan mesinya nanti sudah gak hidup lagi. nunggu beberapa hari baru bisa nyala lagi. kenapa ya ..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip kasus yang saya alami, tapi nggak beberapa hari namun beberapa jam. Setelah karburator dibersihkan, jadi lancar. Biasanya bensin banjir sehingga perlu pengeringan. Coba jangan tekan gas sebelum mesin dimatikan atau kocok gas sebelum dihidupkan.

      Hapus
  3. Mohon pencerahannya, sy mempunyai zebra 1.3 1994, baru sj sy mengganti platina diganti dg cdi, setelah penggantian oleh montir sy mencoba beberapa meter, -+ 100 mtr temperatur langsung naik hingga mentok (over heating), bgamana solusi utk tdk secepat itu panasnya. Tks

    BalasHapus
  4. Zebra van 1.3 1994 saya juga sudah dua kali hampir over heat, kejadiannya saat jalan malam hari. Penasaran kemarin saya coba jalan malam hari lagi, dan ternyata temperatur yang tadinya panas, jika lampu-lampunya tidak dinyalakan, suhunya kembali ke dingin (dibawah C). Barangkali ada yang bisa memberi pencerahan, pada bagian mana masalahnya? Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Misi bosku saya baru untuk pengguna espass,, saya ada masalah dikit nih mohon pencerahannya.. Td pagi mobil tu mogok setelah dibengkel minta ganti rotax.. Udah ganti baru dan hidup lancar.. Malamnya saat mau keluar ma keluarga padahal pas dinyalain n dipanasin tu ok g ada masalah. Brebet pun g ada. Tp setelah jalan sekitar 100meteran tiba mati. Kaya kehabisan bensin. Terus saya isi bensin ngeteng dulu. Tp masih g nyala, anehnya rotaknya g ada suara nging. Atau kaya g idup. Tu kira2 gimana. Kalau seandainya soal sekring. Letak sekring rotax sebelah mana ya. Makasih min

    BalasHapus
  6. Nuwun Gan aku punya zebra 1.3 masih platina abis jalan jauh tak tinggal 3 Minggu gak dipakai .... Setelah itu coba tak hidupin Ndak bisa, saya pikir platina nya... Akhir e inisiatif tak ganti CDI masih Ndak nyala, konsdisi bensin terisi...
    Kira kira apanya ya...Mohon pencerahan nya master.

    BalasHapus
  7. Permisi bos mohon pencerahannya dong.
    Mobil saya Espass 2002 platina.
    Mobil dalam keadaan berhenti mesin di nyalain tensioner agak gede. Giliran di majuin rem mendadak mesin mati.sama kayak nglwatin polisi tidur saat di rem agak mendadak pasti mesin mati.
    Padahal saat berhenti setelan gas agak tinggi.
    .
    Mohon solusinya master.

    BalasHapus
  8. saya punya daihatsu zebra 1300cc tapi persnelengnya sudah dihganti dengan punya espass
    akhir2 ini ada bunyi kresek2 dibagian persnelengnya
    sudah saya cek kebengkel tidak ada masalah didalamnya
    tapi bunyinya masih tetap ada walau saya sudah ganti pelumasnya
    apa kesalahannya atau oli merek apa yang cocokuntuk perseneleng espass itu
    terima kasih

    BalasHapus
  9. gigi satu bunyi sedikit
    gigi dua tambah keras bunyinya
    gigi tiga makin keras
    digigi empat tidak berbunyi
    apa masalahnya itu gan

    BalasHapus
  10. Mau tanya cara mengatasi ambang batas co saya bermasalah untyk kir tidak lolos knalpot perih kemata dan bau saya punya zebra thn.94

    BalasHapus
  11. Numpang nanyak gan mobil sebra saya.habis ganti cdi d statter karbu mletus kluar pi gak hidup 2 trm ksh

    BalasHapus
  12. Tanya bos saya punya espas 95 ..bila bila jln pelan mesin gak bisa mlh nyendat,"

    BalasHapus