Daihatsu Zebra Espass Cikal Bakal Minibus Nyaman

Daihatsu Zebra Espass bisa jadi merupakan generasi cikal bakal lahirnya minibus nyaman di Indonesia.  Meskipun masih menggunakan mesin kolong, namun desain moncong dan struktur bodi serta pintu geser Daihatsu Espass ini merupakan ciri dari sebuah mobil MPV.

Daihatsu Zebra Espass Cikal Bakal Minibus Nyaman



Pengertian mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah mobil yang didesain untuk memiliki kemampuan mengangkut banyak penumpang. Biasanya, kabin mobil dari MPV memiliki kapasitas angkut sebanyak 7 orang, bahkan ada yang 8 dan juga 9 orang. 

Secara fisik, mobil MPV memiliki dimensi yang lebar dan juga panjang. Dengan kapasitas 7 tempat duduk, biasanya mobil ini hadir dengan konfigurasi 2-2-3. Sesuai dengan arti mobil tersebut dalam Bahasa Indonesia, mobil ini adalah kendaraan serbaguna untuk bergam tujuan. 

MPV juga masih memiliki tempat untuk menyimpan barang-barang kecil di sela-sela jok ataupun dibagian belakang.Apalagi Espass memiliki posisi mengemudi menyerupai sedan, sehingga kesan minibus hilang saat mengendarainya.

Daihatsu Zebra Espass 


Daihatsu Zebra Espass menjadi sebuah terobosan baru di kelas minibus era pertengahan ‘90-an. Jika dibandingkan dengan desain bodi minibus pada umumnya, Espass lebih aerodinamis. 

Ditambah teknologi mesin yang telah menganut SOHC 16 valve. Inilah Spesifikasi Teknis Daihatsu Espass 1.6

Langkah ini menjadikannya sebagai minibus pertama yang mengaplikasikan teknologi multi valve dengan 4 katup per silinder. Mesin yang digunakan Espass serupa dengan milik Daihatsu Charade dan Feroza.

Jadi tentu tidak terlampau sulit menemukan spare part-nya di berbagai daerah di Indonesia. Apalagi penjualan Espass cukup laris.

Di Indonesia mobil MPV ini dikenal dengan mobil keluarga karena mampu menampung banyak penumpang. Maka tak heran, peminat dari mobil ini adalah dari kalangan keluarga Indonesia.


 Daihatsu Zebra Espass Cikal Bakal Minibus Nyaman

0 komentar " Daihatsu Zebra Espass Cikal Bakal Minibus Nyaman", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar