Animasi Bongkar Pasang Kampas Rem Tromol

Rem pada sebuah kendaraan secara umum yang bekerja untuk memperlambat atau menghentikan perputaran roda yang menyebabkan laju kendaraan akan berkurang atau berhenti. Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat, dengan demikian laju kendaraan menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kerja rem.

Ada dua jenis rem yaitu:

1. Rem cakram (disc brake) yaitu konstruksi rem yang cara pengereman kendaraan dengan menggunakan komponen utama berupa piringan cakram dan kaliper rem yang berisi piston dan sepatu rem (kampas rem). Prinsip kerja rem cakram adalah dengan menjepit piringan cakram yang dipasang pada roda kendaraan. rem cakram dan rem tromol

2. Rem tromol (drum brake) yaitu konstruksi rem yang cara pengereman kendaraan dengan menggunakan tromol rem (brake drum), sepatu rem (brake shoe), dan silider roda (wheel cylinder). Umumnya rem tromol sering digunakan untuk roda belakang. Pada dasarnya jenis rem tromol yang digunakan roda depan dan belakang tidak sama, hal ini dimaksudkan supaya system rem dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan persyaratan.

Oleh karena rem yang merupakan sistem pengendalian kendaraan, maka perangkat rem harus mendapat perhatian lebih. Perawatan rutin harus tetap dijalankan untuk memaksimalkan kerjanya. Pembongkaran juga perlu untuk membersihkan dari penumpukan debu di bagian kanvas, teromol, dan cakram. Debu berpotensi menyebabkan goresan pada piringan atau tromol tergores.

Video Animasi Bongkar Pasang Kampas Rem Tromol



Animasi Bongkar Pasang Kampas Rem Tromol

0 komentar "Animasi Bongkar Pasang Kampas Rem Tromol", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar