Diskon BBM di Program Langit Biru Pertamina

Perlu diketahui bahwa program Langit Biru diluncurkan pertama kalinya tahun 1996  melalui Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 15 Tahun 1996.

Tujuan program ini adalah untuk mengendalikan serta mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak, yaitu kendaraan bermotor.

Terdapat beberapa hal yang mendorong terbentuknya Program Langit Biru, di antaranya adalah sistem transportasi mengalami krisis, seperti krisis energi dan krisis lingkungan.


Diskon BBM di Program Langit Biru Pertamina


Diskon BBM di Program Langit Biru Pertamina


Terdapat dua kriteria utama dalam menentukan wilayah yang diprioritaskan untuk menerapkan Program Langit Biru. Pertama, wilayah dimaksud harus memiliki masyarakat dengan daya beli BBM berkualitas tinggi. Kedua, konsumsi Premium di kota tersebut masih sangat tinggi.

Awalnya diskon BBM di Program Langit Biru Pertamina berlaku di Bali dan Tangerang Selatan karena kedua wilayah tersebut dipilih sebab dianggap memiliki daya beli cukup tinggi dan konsumsi Premium masih tinggi.

Selanjutnya PT Pertamina (Persero) akan memperluas jangkauan pemberian diskon pembelian BBM ke seluruh Pulau Jawa hingga Pulau Sumatera. 

Diskon Harga Pertalite

Pada Oktober 2020, seperti yang dikutip dari laman Seva Pusat Mobil Murah, kembali Program Langit Biru Pertamina memberikan diskon harga Pertalite menjadi seharga Premium.

Masyarakat dapat menikmati bahan bakar Pertalite menjadi seharga Premium, yakni Rp 6.450 per liter dari harga normal sekitar Rp 7.650 per liter.

Pemberian diskon Pertalite yang merupakan bagian dari Program Langit Biru dilakukan demi mendorong minat masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.20 tahun 2018.

Adapun yang berhak mendapatkan promo harga ini antara lain motor, lalu angkutan umum plat kuning, serta taksi plat kuning. Artinya, mobil pribadi atau dinas akan dikecualikan, sebagaimana yang berlaku di Bali dan Tangerang Selatan sebelumnya.

Setelah Pulau Jawa dan Bali pihak Pertamina akan membidik Pulau Sumatera untuk mendorong transaksi penggunaan Premium ke BBM yang lebih ramah lingkungan.

Selain penerapan program tersebut, untuk meningkatkan minat masyarakat agar menggunakan BBM beroktan tinggi, aspek edukasi juga harus terus disampaikan terkait manfaat penggunaannya.

BBM dengan oktan tinggi juga dapat mempengaruhi performa mobil, di antaranya mampu menghindari knocking atau bunyi ngelitik dari dalam mesin, hingga membuat ruang bakar menjadi lebih bersih.

Untuk mendapatkan mobil baru dan mobil bekas yang berkualitas dan murah, bisa mencari dan membeli di marketplace otomotif Astra yaitu Seva Pusat Mobil Murah.


Diskon BBM di Program Langit Biru Pertamina

0 komentar "Diskon BBM di Program Langit Biru Pertamina", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar